Nama Kelompo 8:
1.Laurend Afrizal (18)
2.M. Zusril (24)
3.Puspita Siliya (28)
4.Ria Intan (30)
2.M. Zusril (24)
3.Puspita Siliya (28)
4.Ria Intan (30)
Cara Memasarkan hasil
pertanian yang sukses
Pemasaran
adalah suatu kegiatan usaha/bisnis untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen melalui pendistribusian suatu produk. Pemasaran hasil pertanian
ditujukan untuk mencari keuntungan dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen,sehingga dapat memuaskan konsumen itu sendiri.
·
Langkah-langkah yang harus dilakukan pemasar
1.Pertama,kunjungi petani/tokoh tani. Perkenalkan
pada mereka produk yang dapat dicoba dan kiranya menjadi pilihan.
2.Kedua,temukan dan tetapkan petani/tokoh tani pilihan. Dan kunnjungi /dampingi mereka selalu sekurang-kurangnya 2 minggu sekali Mulai dari saat pilihan ditetapkan, pengolahan/persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan hingga panen bahkan membantu merekomendasikan pemasarannya.
3.Selanjutnya,dampingi petani dan kelompok tani dikawasan strategis yang menjadi sasaran pemasaran. Dampingi mereka sampai pemasaran produk pertanian mereka. Agroland berkewajiban dan berkesempatan untuk ambil bagian dalam pemasaran produk pertanian mereka dan itu lebih strategis dalam bisnis pertanian.
4.Percontohan dilakukan tetapi tidak dengan cara gratis, melainkan kajian bersama dengan jaminan resiko kegagalan dapat dipertimbangkan
5 Lakukan kotra kerjasama dengan tokoh panutan /pemuka atau pelopor tani.
6.Apabila kawasan sudah cukup luas, perkenalkan dan ajak kerjasama dengan
kios/toko sarana tani sebagai titik awal dan menjadi pusat distri busi.
7.Alat bantu promosi seperti percontohan usaha tani, papan nama, pertenuan-pertemuan dan tidak kalah penting adalah brosur dan slebaran sangat strategis dalam hal pemasaran.
2.Kedua,temukan dan tetapkan petani/tokoh tani pilihan. Dan kunnjungi /dampingi mereka selalu sekurang-kurangnya 2 minggu sekali Mulai dari saat pilihan ditetapkan, pengolahan/persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan hingga panen bahkan membantu merekomendasikan pemasarannya.
3.Selanjutnya,dampingi petani dan kelompok tani dikawasan strategis yang menjadi sasaran pemasaran. Dampingi mereka sampai pemasaran produk pertanian mereka. Agroland berkewajiban dan berkesempatan untuk ambil bagian dalam pemasaran produk pertanian mereka dan itu lebih strategis dalam bisnis pertanian.
4.Percontohan dilakukan tetapi tidak dengan cara gratis, melainkan kajian bersama dengan jaminan resiko kegagalan dapat dipertimbangkan
5 Lakukan kotra kerjasama dengan tokoh panutan /pemuka atau pelopor tani.
6.Apabila kawasan sudah cukup luas, perkenalkan dan ajak kerjasama dengan
kios/toko sarana tani sebagai titik awal dan menjadi pusat distri busi.
7.Alat bantu promosi seperti percontohan usaha tani, papan nama, pertenuan-pertemuan dan tidak kalah penting adalah brosur dan slebaran sangat strategis dalam hal pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar